Senin, 01 Juli 2013

Konsep GREEN HOSPITAL Gerbang Kesehatan Lokal yang mengGlobal


Perlombaan Blog – RSUD Makassar
Konsep GREEN HOSPITAL Gerbang Kesehatan Lokal yang mengGlobal

            Kebutuhan manusia di era modernisasi setiap hari semakin mengalami perkembangan. Pada dasarnya, setiap manusia yang bekerja memiliki tujuan tertentu dalam kehidupan, yakni memenuhi kebutuhan sehari-harinya, baik makanan, pakaian, pendidikan, perumahan, hingga kesehatan.

            Manusia yang hidup di kota-kota besar, selalu menginginkan kepraktisan, kecanggihan, dan pelayanan yang maksimal di segala lini kehidupan. Kebudayaan di setiap daerah, sangat mempengaruhi kebutuhan hidup manusia yang lahir di awal abad millennium.

            Berbagai konsep terus dikembangkan oleh para ahli, demi mencapai satu titik tingkat kebutuhan, yakni keamanan sampai aktualisasi diri. Tetapi, model inipun juga kemudian dikembangkan lagi oleh ahli-ahli yang mencoba memuaskan kebutuhan manusia yang terus mengalami peningkatan.

            Sebuah konsep Green Hospital untuk kenyaman mendapatkan pelayanan di sebuah rumah sakit, seakan menjadi gerbang untuk menghasilkan sebuah nilai kepuasan terbaru di bidang kesehatan. Sebuah rumah sakit di kota Makassar mencoba menerapkan konsep Green Hospital untuk mencapai titik maksimal pemberian pelayanan kepada pasiennya.

            Puskesmas yang bermetamorfosa menjadi sebuah Rumah Sakit Umum Daerah Daya pada tahun 2008 silam ini, bukan hanya hadir dengan konsep pelayanan yang terpadu, melainkan mengkombinasikan antara faktor kebutuhan, lingkungan, serta pentingnya rasa hormat dalam pemberian pelayanan kepada pasien. Sehingga konsep kebutuhan intelektual manusia, dapat tercapai sebagai imbas dari sebuah pelayanan terpadu.     

            Selain mengedepankan kebersihan lingkungan, rumah sakit dengan konsep Green Hospital diharapkan mampu menghasilkan kepuasan yang berimbas kepada percepatan kesembuhan setiap pasien. Ini lantaran, perasaan yang nyaman menjadi indikator terpenting, apakah kebutuhan itu telah terpuaskan atau belum. Sehingga, dapat mencapai satu hasil yang lebih baik dalam proses penyembuhan setiap pasien yang dirawat inap maupun dirawat jalan di rumah sakit ini.

            Jika “perasaan”            setiap pasien menjadi tenang dengan adanya lingkungan perawatan yang nyaman, serta pelayanan prima yang memuaskan, maka bisa dipastikan konsep Green Hospital dapat diterapkan di setiap rumah sakit yang ada di kota besar Di Indonesia. Kondisi kehidupan yang semakin keras di daerah perkotaan, menyebabkan semakin rentannya manusia-manusia modern terkena stress dan dengan otomatis berimbas dengan tingkat kesehatan yang menurun.

            Jika sakit terjadi, perawatan rumah sakit menjadi pilihan terakhir yang akan dipilih oleh manusia. Ini lantaran, pelayanan yang terkadang tidak ramah serta lingkungan rumah sakit yang tidak bersih, menjadi penyebab utama rumah sakit dianggap menjadi sarang penyakit terbesar yang ada di setiap kota. Selain faktor kebersihan yang tidak terjamin, kurangnya visi yang melatarbelakangi berdirinya rumah sakit tersebut.

            Lain halnya, dengan Rumah Sakit Umum Daerah Daya Makassar, yang memiliki suat keyakinan bahwa sebuah rumah sakit harus memiliki pandangan jauh ke masa depan, baik itu dari pandangan pelanggan, karyawan, pemilik dan stake holder lainnya yang mendukung setiap perkembangan rumah sakit ini.  Semua disatukan dalam sebuah visi, yakni “Menjadi Rumah Sakit Sehat Sebagai ercontohan Di Indonesia.” Peningkatan kualitas pelayanan menjadi akar dari pembangunan rumah sakit ini. Selain dijadikan sebagai rumah sakit rujukan terbesar di Sulawesi Selatan, penerapan konsep Green Hospital sudah mulai dijalankan.

            Menyadari bahwa kesehatan jasmani dan rohani merupakan hak setiap individu yang bernama manusia, oleh karena itu rumah sakit ini berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat, baik bersifat penyembuhan, pemulihan dan pencegahan dengan didasari dengan  penciptaan lingkungan kerja serta perawatan senyaman mungkin. Sehingga, tata nilai sebuah rumah sakit berkonsep Green Hospital dapat tercapai dengan maksimal, mulai dari kejujuran, professional, tanggung jawab, kepercayaan, kerjasama, visioner, dan disiplin.

           Sehingga diharapkan konsep Green Hospital bukan hanya sebagai konsep yang akan berhenti di tengah jalan. Tetapi, menjadi pintu gerbang terwujudnya sebuah rumah sakit yang mengedepankan kelokalan (tata karma pelayanan) dalam member pelayanan, sehingga kesehatan yang mengglobal dapat lahir, dan bukan hanya sekedar mimpi belaka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar